Pas mendekati Imlek pasti di pasar-pasar udah banyak mejeng ikan bandeng yang segar-segar. Nah sehari sehabis Imlek saya pun nga ketinggalan untuk ikutan membeli ikan bandeng dengan satu tujuan yaitu mau masak pindang bandeng :D Banyak orang bilang kalo pindang bandeng itu biasa ditemukan kalo lagi Imlek aja, tetapi tidak demikian di rumah saya :D Hampir seluruh anggota keluarga saya suka pindang bandeng ini, bahkan si Dave aja doyan banget makan nasi pake kuah pindang bandeng ini :) daging ikannya disuwir-suwir karena takut duri ketelen ama Dave. Ikan bandeng ini rasanya amat gurih, dibikin apa aja enak. Cuma sayangnya yang bikin sebel itu adalah durinya yang minta ampun banyaknya. Makanya itu orang-orang sering bikin bandeng presto. Resep pindang bandeng kali ini berbeda dengan yang ada di resep dekap. Resep dibawah ini adalah resep yang saya dapat dari ibu saya, yang saya dapat hasil melihat beliau saat memasak :) Kepengen coba masak pindang bandeng sendiri? Silakan aja liat resep dibawah ini. Takaran bumbu disesuaikan dengan selera keluarga saya, nah bila ada yang ingin menambahkan sesuatu silakan saja :D Seperti kata pepatah "When baking, follow directions. When cooking, go by your own taste." - Laiko Bahrs" :D Selamat memasak!!!
Bahan :
1 ekor ikan bandeng segar (3/4 kg), bersihkan, potong menjadi 3-4 bagian, lumuri dengan air jeruk nipis dan sedikit garam
8 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 buah cabai, iris tipis (jika suka pedas cabai boleh ditambah atau pakai cabai rawit)
4 cm kunyit, iris tipis
2 cm jahe, iris tipis
4 cm lengkuas, iris tipis
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 lembar daun salam
1 buah tomat, potong-potong
3 sdm minyak goreng
4-5 sdm kecap manis
500 ml air (tambahkan jika dirasa kurang)
garam dan merica secukupnya

Cara membuat :
Panaskan minyak, tumis bawang merah dan putih sampai harum.
Lalu masukkan jahe, cabai, kunyit, lengkuas, serai, dan daun salam, masak hingga bumbu layu, lalu masukkan potongan tomat, aduk rata.
Masukkan air, masak hingga mendidih lalu masukkan potongan ikan dan kecap manis. Taburkan garam dan merica secukupnya, aduk rata. Masak hingga ikan matang dan kuah agak mengering.



Written on 2007-02-20
Category: [main courses & side dishes]   - Comments [0]
Bola-bola Ubi Isi CoklatValentine CupcakesPindang BandengCappucino BrowniesAyam Goreng Tepung