Akhir-akhir ini Dave doyan banget dengan yang namanya ngemil... hampir tiap hari dia minta dibuatkan camilan. Dave paling suka makan donat... jadi setiap hari saya buat donat :P Umumnya saya membuat donat hanya 1/2 resep saja karena kalo sampe 1 resep huuuaahhhhh sapa yang ngabisin donatnya? Saya sih doyan bikinnya aja... makannya mah palingan 1-2 buah donat aja.

Buat yang nanya kenapa namanya donat kampung yah karena donat jenis ini yang biasa ditemukan di tukang donat pinggir jalan. Untuk toppingnya sih bisa ditaruh macam-macam misalnya parutan keju, taburan gula donat, olesan mayones trus ditaburin abon, diolesin mentega trus ditaburin meses coklat atau warna warni bisa juga dengan cincangan kacang tanah atau kacang mede yang udah disangrai. Suka-suka aja :) Kalo Dave mah kesukaannya donat pake taburan gula donat... bisa minta nambah terus dia... nambah donat ama nambah gula pastinya :D

Bahan :
350 gr tepung terigu protein tinggi
150 gr tepung terigu serba guna
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
5 gr ragi instant
5 gr baking powder
1/4 sdt garam
1 butir telur, kocok
225 ml air
100 gr margarin

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan baking powder hingga rata. Sisihkan.
2. Campurkan susu, gula, garam, air dan telur. Aduk hingga gula larut.
3. Masukkan larutan gula ke dalam campuran tepung. Aduk hingga rata.
4. Uleni adonan hingga kalis sambil ditambahkan margarin sedikit demi sedikit.
5. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah, tutup dengan lap basah. Biarkan selama 30 menit hingga menggembang.
6. Kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi 20 bagian dengan berat @ 50 gr. Bulatkan masing-masing adonan, biarkan selama 10 menit.
7. Tusuk setiap adonan dengan jari telunjuk atau pipihkan sedikit adonan lalu cetak dengan cetakan donat. Biarkan selama 10 menit.
8. Goreng donat dalam minyak banyak yang panas di atas api sedang sambil dibalik-balik hingga kuning kecoklatan kedua sisinya. Angkat, tiriskan. Biarkan dingin.

Written on 2007-01-18
Category: [bread]   - Comments [2]
Nugget SayuranChocolate Chip Nuts MuffinsDonat KampungRoti Manis dalam Loyang MuffinBanana Bread