Bika ambon ini adalah salah satu kue tradisional yang biasanya kita bawa sebagai oleh-oleh bila kita bepergian ke Medan. Saya suka bika ambon :D kalo makan suka nga sadar kalo udah melahap berpotong-potong bika ambon. Dah lama juga saya berniat mo belajar bikin bika ambon sendiri. Cuma pas baca resep kok kayaknya ribet banget ya.... he he he... Pas kemaren ke pasar ngeliat orang jualan bika ambon mini untuk isi kue tampahan. Jadi kepengen bikin juga sendiri di rumah dan berhubung di bonus resep majalah Kartini itu ada juga cara membuat bika ambon yang praktis... ya udah tertantang kembali deh saya untuk membuatnya :D Proses membuatnya nga lama... yang lama tuh menunggu adonannya mengembang dan berbuah sekitar 2,5 - 3 jam gitu deh. Lama bangettt... ampe bosen saya nunggunya :) dan setelah mencoba membuat bika ambon sendiri baru saya tau bau khas bika ambon yang biasa saya makan tuh berasal dari daun jeruk purut yang dimasak bersama santan diawal-awal pembuatan adonan.

Bika Ambon


Saya membuat bika ambon pakai loyang-loyang oval yang kecil :D Manggangnya nga lama-lama amat... sekitar 20-25 menitan gitu.. Pas kue jadi tampak atasnya mah dah menyakinkan... bolong-bolong gitu... tapi begimana dengan bagian dalamnya?? Pas dibelah.... HOREEEE..... ada sarang-sarangnya juga :D senangnya.... Saya langsung suruh pada nyicipin apakah mirip rasanya dengan bika ambon yang biasa kita makan? Kata mereka... hampir mirip, rasanya enak dan gurih :D Ya nga apa-apalah dibilang hampir mirip.... toh habis juga tuh dimakanin... tapi emang beneran enak kok :)


Written on 2006-06-04
Category: [cake & cookies]   - Comments [1]
Cake Karamel (Cake Sarang Semut)Puding KarangBika AmbonSosis SoloBarongko