Udah hampir 2 minggu-an saya nga pake mixer ataupun oven :D Kangen juga. Dan kebetulan di milis NCC ngeliat kalo pada rame bicarain soal cake karamel yang dikenal juga dengan sebutan cake sarang semut. Jadi kepengen nyoba buat juga dan kebetulan banget di kumpulan resep yang saya punya ada resep cake karamel yang nga pake mixer :D Senengnya!! Resep ini didapat dari bonus resep majalah Kartini punya mama saya :D Cake karamel ini merupakan cake kesukaan saya sewaktu masih kecil. Dulu di kantin sekolah ada yang jual cake karamel ini... hampir tiap hari saya beli, habis enak sih :D Nah... sekarang kenapa saya nga coba buat sendiri aja ya?? Bahan-bahannya ada semua dan juga cara pembuatannya kelihatannya mudah. Jadi tertantang untuk ikutan membuatnya.

Cake Karamel (Cake Sarang Semut)


Mulai deh saya menyiapkan karamelnya terlebih dahulu lalu mencairkan mentega dan kemudian saya memanaskan oven dan menyiapkan loyang yang mau digunakan sambil menunggu karamel dan menteganya dingin. Setelah karamel dan mentega cair siap dipakai mulai deh saya bekerja.... aduk sana sini nga lama adonan jadi, trus adonan tuang ke dalam loyang trus panggang sekitar 40 menitan gitu sampai matang. Untuk melihat cake udah matang atau belum cukup ditest pake lidi, kalau cake sudah matang permukaan lidi kering dan bersih, tidak terdapat adonan cake yang menempel di lidi.

Cake Karamel (Cake Sarang Semut)


Waktu cake dah matang, aroma karamel mulai tercium di dapur :D Sebenernya saya juga rada-rada cemas, apakah cakenya jadi dengan bagus? Apakah cakenya bersarang atau tidak? Setelah cake dikeluarkan dari oven dan didinginkan, kemudian saya keluarkan cake dari dalam loyang... seneng banget liat bentuknya yang mulus :P Foto dulu dong :P Tapi tetap aja saya cemas... jangan-jangan cakenya nga berongga? Ya udah motong cakenya itu dengan pelan-pelan dan berdoa smoga berongga kayak sarang semut. Ternyata... SUKSES!! hihihi... seneng banget!! Cake karamelnya berhasil dibuat dengan suksesnya :P Penampilan sih dah OK, bersarang kayak sarang semut, gimana dengan rasanya? Enak!! Jadi keingetan masa-masa sekolah dulu jadinya :) Ngak terasa saya udah menghabiskan 2 potong kue :D Habis enak sihhhhhh!!!!


Written on 2006-06-02
Category: [cake & cookies]   - Comments [3]
Colenak PeuyeumRisoles Keju Daging AsapCake Karamel (Cake Sarang Semut)Puding KarangBika Ambon