Bikin hakau ini sebenernya udah pernah 2 kali saya coba membuatnya tapi selalu nga berhasil, kulit terlalu tipis, adonan lengket, pas diisi dan mau dirapikan tiba-tiba pecah, pokoknya bentuknya amburadul deh. Jera? Engga sih... cuma tepung tang mien itu kan kalo di daerah rumah saya kan nga ada yang jual jadi mesti ke toko bahan kue yang besar baru bisa nemu tuh tepung tang mien. Dan kebetulan sekali saya main ke sitenya Dhona dan disana ada foto hakau bikinnya, liat fotonya langsung laper deh dan kebeneran banget saya masih punya simpanan tepung tang mien yah sudah langsung cari buku primbon saya yang isinya resep-resep yang mau saya cobain :D Lihat bahan-bahannya dan pagi-pagi sekali saya pergi ke pasar buat cari udang dan rebung untuk keperluan pembuatan hakau. Selesai belanja saya buru-buru pulang dan mempersiapkan semua keperluan pembuatan hakau.

Hakau


Kali ini proses pembuatan hakaunya nga seperti biasanya, saya kali ini bikinnya cepat :D dalam menguleni adonan sampe ngak lengket, trus menipiskan adonan dan kemudian dirapikan pake cutter ring (jadi kulit hakau saya bunder gitu :D) juga sukses... waktu mengisi dan membuat lipatan-lipatannya juga bisa walau lipatan-lipatan itu masih jelek :) selagi bikin hakau, dandang kukusan untuk mengukus hakau udah saya panaskan supaya nga kelamaan nunggunya. Selesai pembuatan hakau saya langsung kukus deh tuh hakau, kira-kira 10 menitan gituh hakau saya udah matang dan bentuknya pun cantik (biar itu cuma kata saya :D)... Yiiihhhaaa.... BERHASIL!!! BERHASILLL!!! Seneng dong :D Cuma bagian tengahnya agak ketebelan ya? Kurang tembus pandang sih :D he he he...Abis tuh langsung dicobain... enak :D langsung panggil David si pencicip cilik yang suka banget makan dimsum... pas dia lihat dia langsung bilang "mama mie mau". Hah? Kok mie? :P ternyata ohhh ternyata gara-gara dia lihat sumpit dia kira itu mie ... he he he... anak pinter :) Akhirnya Dave makan 2 potong hakau aja :) Lain kali kalo membuat hakau saya akan coba untuk melipat hakau lebih baik lagi :D dan yang pasti tembus pandang ampe ke bagian isi ;)

Hakau


Buat temen-teman semua saya ucapkan selamat berakhir pekan dan selamat memasak :D


Written on 2006-04-29
Category: [dimsum]   - Comments [3]
Mini Chick PuffRoti Sobek PandanHakauPenang Char Kway TeowBlack Forest